Minggu, 08 Juli 2012

ASPHALT 7: HEAT REVIEW


Beberapa waktu yang lalu, pihak Gameloft telah merilis seri terbaru dari game racing andalan mereka bagi iOS yang diberi judul Asphalt 7: Heat! Lalu apakah game ini dapat memberikan apa yang diharapkan oleh gamers?
Gameplay
Asphalt 7: Heat ini melanjutkan tradisi Asphalt, yaitu mengusung genre arcade racing. Jadi jangan membandingkan gameplay dalam seri ini dengan simulation racing seperti Real Racing series. Jika dalam console, seri Asphalt ini mungkin dapat dikatakan sangat mirip dengan Burnout series.
Ada tiga pilihan mode yang dapat kita coba dalam game ini, yaitu multiplayer, dimana kita dapat bermain bersama teman kita dengan menggunakan koneksi Wi-Fi mauapun Bluetooth, atau dapat melawan berbagai musuh dari penjuru dunia dengan menggunakan fitur LIVE! dengan koneksi Wi-Fi. Saat kami mencoba fitur LIVE! Ini, belum banyak yang memainkannya, namun saat race, tidak terasa adanya lag yang berarti. Mode kedua adalah Quick Race, dimana kita dapat melatih skill racing kita dengan menggunakan mobil yang sudah kita beli sebelumnya.
Yang jelas, fitur utama dari Asphalt 7: Heat ini adalah Career mode, dimana kita dapat akan dapat melakukan level up, serta dapat melakukan membuka pilihan berbagai mobil serta items, seperti vinyl, upgrade dan lainnya. Tentu saja semakin tinggi level kita, semakin banyak pula mobil yang dapat kita beli.
Career mode ini sendiri akan dipenuhi dengan berbagai event yang bervariasi. Mulai dari standard races, elimination – event dimana yang paling akhir akan tereliminasi, time challenges hingga “Beat ‘Em All”, dimana event ini bukan merupakan racing murni, melainkan event dimana kita harus “menghancurkan” mobil lawan kita. Variasi event ini merupakan salah satu daya tarik game ini yang membuat racing dalam Asphalt 7: Heat ini tidak membosankan.
Saat melakukan racing, kita akan melihat berbagai items yang tersebar sepanjang track, seperti in-game money, nitros, power ups hingga masih banyak lagi. Saat melakukan race, style kita saat membawa mobil juga akan dinilai, seperti melakukan drift, near miss dan lainnya. Kita juga akan diberi pilihan untuk melakukan in-game mission setiap race serta dapat memilih sponsor.
Musuh-musuh yang ada dalam game ini cukup baik, tentunya tergantung level kita memainkan game ini. Mereka akan dapat menyulitkan kita saat posisi berdekatan. Namun ketika posisi agak jauh, jarang ada AI musuh yang dapat mengejar kita.
Control dalam game ini cukup baik. Kita dapat memilih 4 pilihn control, kami sendiri lebih suka memilih default control menggunakan tilt dan auto accelerometer. Kita juga akan dapat melakukan setting sensitivity bagi masing-masing mode control yang ada. Control yang ada juga sangat responsif.
Graphics
Grafis dalam Asphalt 7: Heat ini cukup mengagumkan. Dengan memanfaatkan retina display, grafis terlihat cukup tajam dan detail di iPhone 4, device yang digunakan untuk melakukan review game ini. Sebelum melakukan racing, mungkin environment yang ada sedikit terlihat kaku, namun ketika kita melakukan racing, kita dapat melihat bagaimana pencahayaan, serta detail yang ada cukup baik. Sayangnya in car camera yang ada dalam Asphalt7: Heat ini belum dapat menyaingi Real Racing series. Disini tidak ditawarakan mode cockpit view.
Asphalt 7: Heat ini menawarkan sekitar 60 mobil yang dapat kita gunakan di 15 track lokasi yang berbeda. Dan setiap mobil tersebut terlihat sangat detail. Kita dapat melakukan customization bagi mobil kita, baik untuk meningkatkan kemampuan maupun memperindah visual. Saat memilih mobil kita juga dapat melakukan zooming untuk melihat detail mobil-mobil tersebut.
Audio
Audio dalam game ini juga tidak dapat dikatakan buruk. Mulai dari suara derum mesin, ban, nitro hingga suara saat terjadi “crash”, semuanya terdengar cukup baik. Demikian juga dengan soundtrack yang ada. Lagu-lagu disco-techno terdengar cukup pas untuk meningkatkan adrenaline kita saat memainkan game ini.
Selama melakukan racing, kita akan mendengar suara wanita yang menjadi komentator. Awalnya lumayan, namun lama-kelamaan, hal ini mulai terasa menggangu dan terdengar sedikit “lucu”.
Replayablity
Seperti yang sudah ditulis diatas, Asphalt 7: Heat ini akan menawarkan 60 mobil di berbagai racing mode yang sangat bervariasi. Carrer mode akan menawarkan 15 league dengan sekitar 150 total race. Hal ini sudah cukup membuat nilai replayability game ini cukup tinggi. Belum lagi dengan dukungan mode multiplayer yang cukup lengkap.
Closing Comments 
Dari review diatas, tampaknya Gameloft kembali berhasil membuat sebuah game racing yang menarik, terlepas dari beberapa kekurangan yang ada. Tapi, jika kita sudah sering memainkan seri Asphalt, maka kita dapat menyadari bahwa seri ketujuh ini nyaris tidak ada hal baru sama sekali yang ditawarkan.
Walaupun minim inovasi, namun dengan core yang sudah cukup kuat dipadu dengan grafis yang lebih baik, membuat game ini sangat pantas untuk kita coba. Salah satu alasan yang menggoda lainnya, game ini dijual di AppStore dengan harga yang relatif cukup murah, yaitu $0.99! Sayangnya hingga review ini ditulis, belum ada kepastian kapan versi Android akan menyusul.

0 komentar:

Posting Komentar