Sejak kelahiran situs jejaring sosial seperti Friendster, MySpace, Facebook,
dan Twitter di dunia maya, manusia modern mengembangkan cara yang
berbeda untuk berinteraksi satu sama lain. Tidak hanya sekedar saling
berbagi informasi, tetapi juga bergabung di dalam sebuah pengalaman
multimedia yang memungkinkan mereka untuk bermain bersama. Bahkan untuk
Facebook sendiri, game-game berbasis Flash ini mampu menarik pengguna
hingga ratusan juta orang dan membuat perusahaan seperti Zynga
meroket ke luar angkasa. Apakah tren ini akan berlanjut di masa depan?
Pada akhirnya angkalah yang berbicara. Nyatanya, game Facebook perlahan
namun pasti mulai kehilangan pesonanya.
Setelah mencapai puncaknya di tahun 2009 dan 2010 silam, data
menunjukkan bahwa user yang memainkan game di Facebook mengalami
penurunan yang cukup signifikan di tahun 2011 kemarin. Jika di tahun
2010 kurang lebih 50 persen user tertarik dengan fitur ini, maka di tahun 2011 hanya tertinggal 25 persen user saja
yang masih bermain game di Facebook. Data yang ditunjukkan Screen
Digest, analis di industri ini juga memperlihatkan bahwa ada penurunan
yang cukup signifikan bagi user game-game dari Zynga. Tercatat penurunan
hingga 40 juta user per bulannya, dari 266 juta menjadi hanya 225 juta user / bulan.
0 komentar:
Posting Komentar